Implementasi Metode Profile Matching dalam Pembuatan Tes Psikologi untuk Pemetaan Karir Berdasarkan Minat dan Kepribadian

cover jpti

Arifi Zulaika
Informatika, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Mercu Buana Yogyakarta, Indonesia

A. Sidiq Purnomo
Informatika, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Mercu Buana Yogyakarta, Indonesia

DOI: https://doi.org/10.52436/1.jpti.64

Abstrak :

Minat dan kepribadian sangat penting untuk diketahui oleh masing-masing orang. Hampir dipastikan jika seseorang mengetahui minat dan kepribadian yang tepat maka ia tak akan salah melangkah ke jalan karir yang bukan menjadi minat dan kepribadian yang ada dalam dirinya. Pada saat ini alat yang dapat memetakan minat dan kepribadian hanya dapat dilakukan melalui tes psikologi. Khususnya pada penelitian ini melakukan pengembangan tes psikologi menjadi terkomputerisasi. Pengembangan tes menjadi digital perlu dilakukan untuk memperoleh hasil yang cepat, maksimal, dan akurat. Hasil penelitian ini adalah berupa hasil pemeriksaan psikologis yang berisi tentang hasil pemetaan minat, pemetaan kepribadian dan rekomendasi bidang karir yang cocok untuk peserta tes berdasarkan dari sisi psikologis peserta tes. Metode penelitian yang diterapkan menggunakan metode waterfall. Pengembangan tes psikologi minat dan kepribadian menggunakan model CBT (Computer Based Test) yang berisi tes minat (RIASEC) dan tes kepribadian (DISC). Tes minat menggunakan teori Holland, sedangkan tes kepribadian menggunakan teori Marston. Sistem ini diisi dengan 31 data karir. Untuk menghasilkan karir pada masing-masing peserta tes menggunakan metode profile maching atau biasa disebut group algorithm programing (GAP) yang dikombinasikan nilai tes minat dan nilai tes kepribadian. Sistem telah diuji coba dengan 50 peserta tes dan hasil telah divalidasi oleh pakar (Psikolog). Hasilnya didapatkan 90% hasil karir valid dan 10% tidak valid, yang menunjukan bahwa aplikasi sistem pakar ini sangat efektif.

Identitas Jurnal :

Nama Jurnal:JPTI : Jurnal Pendidikan dan Teknologi Indonesia
Vol:Vol. 1, No. 7, Juli 2021, Hal : 281-296, P-ISSN : 2775-4227, E: 2775-4219
View Resource:https://jpti.journals.id/index.php/jpti/article/view/64
Download:PDF

Referensi :

  • P. N, Psikologi Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2010.
  • W. Wawan and V. V. Tobing, “Aplikasi Sistem Pakar Tes Kepribadian Berbasis Web,” Jurnal Informatika, Sistem Kendali dan Komputer, Vols. Volume 5, No 2, pp. 99-103, 2016.
  • A. H. Alkhelil, “The Relationship between Personality Traits and Career Choice: A Case Study of Secondary School Students.,” International Journal of Academic Research in Progressive Education and Development, vol. 5, pp. 139-152, 2016.
  • F. K. Hidayat and S. N. Wahyuni, “PENDETEKSIAN MINAT DAN BAKAT MENGGUNAKAN METODE RIASEC,” Indonesian Journal of Business Intelligence, vol. 2, no. 1, pp. 32-39, 2019.
  • D. M. Wijaya and W. K. Raharja, “IMPLEMENTASI METODE FORWARD CHAINING PADA SISTEM,” vol. 6, pp. 14-20, 2015.
  • A. S. Jati, K. and H. A. Fatta, “Pengembangan Prototype Tes Psikologi Perencanaan Karir Siswa SMA,” Citec Journal, vol. 5, no. 1, pp. 58-70, 2018.
  • C. K. E. Goni, O. Henry and L. David, “Gambaran kepribadian berdasarkan tes Disc mahasiswa Fakultas,” Jurnal e-Biomedik (eBm), vol. 4, no. 2, pp. -, 2016.
  • I. N. Farida and R. Firliana, “Implementasi Metode Profile Matching Untuk Evaluasi Potensi Akademik Penjurusan Siswa MAN 2 Kota Kediri,” JURNAL INFORTEL, vol. 8, no. 2, pp. 156-163, 2016.
  • T. A. A. Toibin and A. S. Purnomo, “Sistem Pakar Pengembangan Skala Minat Karir Mahasiswa Dengan Inferensi Fuzzy,” Prosiding Seminar Nasional Multimedia & Artificial Intelligence 2018, vol. 1, no. -, pp. 156-162, 2018.
  • D. P. Indah, A. and U. Radiyah, “SISTEM PAKAR DETEKSI KARAKTERISTIK DAN KEPRIBADIAN DIRI MENGGUNAKAN METODE FORWARD CHAINING,” JIMP – Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan, vol. 3, no. 1, pp. 34-43, 2018.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *