Sistem Pakar Kerusakan Smartphone Menggunakan Metode Forward Chaining

jurnal

Abstrak :

Penggunaan sistem pakar untuk membantu menyelesaikan berbagai masalah terus berkembang dan semakin mempermudah pengguna. Salah satunya adalah penggunaan sistem pakar untuk mendiagnosis kerusakan smartphone.Sistem pakar kerusakan smartphone adalah suatu perangkat lunak yang mampu mendiagosis kerusakan pada smartphone berdasarkan gejala yang dialami untuk membantu menentukan langkah selanjutnya dalam memperbaiki smartphone agar efisian waktu dan biaya.

Penelitian ini bertujuan untuk membuat perangkat lunak yang berfungsi mendiagnosis kerusakan smartphone dengan metode forward chaining. Banyaknya data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari 54 gejala dan 16 kerusakan.

Proses penalaran unjuk kerja dengan metode forward chaining. Dari 16 kerusakan data uji untuk masing-masing gejala, hasil pengujian sesuai denagan inferensi rule antara gejala dan kerusakan smartphone.

Ada 4 tahapan dalam penelitian sistem pakar agar mendapatkan hasil yang sesuai dengan diagnosis para pakar. Yang pertama akuisisi pengetahuan untuk mencari dan mengumpulkan data, kedua representasi pengetahuan yaitu menyimpan dan mengatur pengetahuan dalam komputer, ketiga inferensi pengetahuan dan keempat pemindahan pengetahuan.Kata kunci:Smartphone, Sistem Pakar, Forward Chaining.

Identitas Jurnal :

Nama Jurnal:Jurnal Teknomatika
Vol:Vol. 8, No. 2, Januari 2016, ISSN: 1979-7656, Hal.81-92
View Resource:https://ejournal.unjaya.ac.id/index.php/teknomatika/article/view/455
Download:PDF

Referensi :

  • Arhami, M., 2005.Konsep Dasar Sistem Pakar.Yogyakarta: Andi Offset.Kosasi, S., 2014.Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Ikan Komet Menggunakan Forward Chaining.Techsi, 5(2), pp. 35-52.
  • Putra, F., 2011. Perancangan Sistem Pakar Identifikasi Penyakit Paru-Paru Menggunakan Metode Forward Chaining.Skripsi. Jakarta: Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.
  • Taufik, W. & Haryoko, 2010. Sistem Pakar Diagnosa Kerusakan pada Handphone. Jurnal Computech & Bisnis, 4(2), pp. 103-112.
  • Trigiyanti, E., 2010. Pembuatan Program Aplikasi untuk Mengidentifikasi Hama dan Penyakit Padi. Skripsi. Semarang: Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Diponegoro.
  • Williams, B. K. & Sawyer, S.C., 2007. Using Information Technology : Pengenalan Praktis Dunia Komputer dan Komunikasi.Yogyakarta: Penerbit Andi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *