Prototipe Internet Of Things Sistem Kendali PH Air Menggunakan Arduino

cover smai 2020

Al Razli Vari Umarella
Universitas Mercu Buana Yogyakarta

A. Sidiq Purnomo
Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Abstrak :

Kemajuan teknologi saat ini sangat berkembang, sehingga dapat membantu masyarakat dalam segala bidang. Salah satu contohnya adalah perkembangan teknologi di bidang perikanan. Dalam penelitian ini saya tertarik untuk melakukan penelitian dan pengembangan dalam bidang IoT yang mana penelitian ini bertujuan untuk membangun sebuah sistem yang dapat memembantu para pelaku usaha pembudidayaan ikan dalam melakukan controlling pH air. Sistem controlling pH air ini sendiri di implementasikan dengan konsep internet of things (IoT).
Dalam penelitian ini menggunakan konsep internet of things yang di implementasikan pada sistem pengendali pH air menggunakan mikrokontroler yang berfungsi sebagai pengatur prototipe sehingga prototipe dapat berjalan dengan baik. Pada sistem ini memiliki interface berupa aplikasi berbasis mobile yang berfungsi sebagai alat komunikasi antara user dengan sistem. Dalam sistem ini user dapat melakukan monitoring nilai pH air yang dibaca oleh sensor beserta dapat melakukan penyetelan batas maksimal dan juga batas minimal pH air.
Berdasarkan tabel hasil uji dapat disimpulkan bahwa aplikasi dapat berjalan secara baik dengan presentase 87,5% dengan 20 kali pengujian. Untuk fungsi yang ada pada aplikasi sendiri memiliki 8 fungsi. Fungsi yang dapat berjalan dengan baik sejumlah 7 fungsi dan terdapat satu fungsi yang tidak dapat berjalan dengan baik.

Identitas Prosiding :

Prosiding:Seminar Nasional Multimedia & Artificial Intelligence (SMAI)
Vol:Vol. 3, 2020, Hal. 21 – 26, ISBN : 978-623-95744-0-6
View Resource:http://papersmai.mercubuana-yogya.ac.id/index.php/smai/article/view/61
Download:PDF

Referensi :

  • Anonim. (2017, Oktober). Apa itu Arduino IDE dan Arduino Sketch. Retrieved from allgoblog: http://allgoblog.com/apa-itu-arduino-ide-dan-arduino-sketch/
  • Apri. (2015). Internet of Things, Sejarah, Teknologi Dan Penerapannya. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Terapan, 1 – 5.
  • Arafat. (2016). Sistem Pengamanan Pintu Rumah Berbasis Internet Of Things (IoT) Dengan ESP8266. Jurnal Ilmiah Fakultas Teknik “Technologia”, 1-7.
  • Asep. (2019, Oktober). Sensor pH Antar muka (interface) kalibrasi sensor PH melalui serial monitor Arduino. Retrieved from semesin: https://www.semesin.com/project/tag/sensor-ph/
  • Febrianto. (2014, April). Apa itu Arduino Uno? Retrieved from ndoware: https://ndoware.com/apa-itu-arduino-uno.html
  • Girsang, & Batubara. (2014). Perancangan Dan Impementasi Pengendali Pintu Pagar Otomatis Berbasis Arduino. Singunda Ensikom, 105-112.
  • Muhammad, & Eko. (2018, July). Pembangunan Web Service Data Masyarakat Menggunakan REST API dengan Access Token. ULTIMA Computing, Vol. X, No.1, 1-8. Retrieved from codepolitan: https://www.codepolitan.com/forum/thread/detail/2/apa-itu-api

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *