Anak-Anak Pedukuhan Bendo Diberi Sosialisasi Prokes

umby kkn 33 sosialisasi prokes

KORANBERNAS.ID, BANTUL — Pembelajaran tatap muka (PTM) sudah dilakukan 100 persen, termasuk di jenjang SD. Maka, untuk mendukung pelaksanaan PTM agar berjalan dengan aman dan sehat, mahasiswa KKN Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) melakukan sosialisasi tentang protokol kesehatan (prokes). Kegiatan Kelompok 35 tersebut dilaksanakan di Pedukuhan Bendo, Wukirsari, Imogiri, Bantul.

“Kami melihat betapa pentingnya menguatkan dan menggencarkan prokes, termasuk di kalangan anak, mengingat saat ini sudah mulai PTM,” kata Widarta MM, Kepala Humas UMBY, kepada koranbernas.id di kantornya, Kampus I Jalan Wates KM 10 Sedayu, Bantul, Jumat (28/1/2022).

Kegiatan tersebut juga sebagai bentuk antisipasi terhadap varian baru Omicron yang telah masuk ke tanah air. Diharapkan dengan menerapkan prokes, maka tidak ada anak yang  kemudian terpapar virus tersebut.

A. Sidiq Purnomo M.Eng selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) KKN UMBY Kelompok 35, mendukung kegiatan  tersebut. “Ini sangat besar manfaatnya bagi anak dalam  kegiatan PTM maupun kegiatan sehari- hari agar tetap aman dan sehat,” katanya.

Adapun sosialisasi prokes kepada anak meliputi penerapan 5 M yakni mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir, memakai masker, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas yang tidak perlu. Kegiatan ini berlangsung melalui dua media penyampaian, yakni secara langsung dan aplikasi zoom.

“Kami berharap sosialisasi ini dapat menumbuhkan kesadaran anak-anak pedukuhan Bendo untuk mencegah penularan Covid-19,” tambah Jessy Anjelina Fahik, selaku Penanggung Jawab Program kerja.

“Dalam sosialisasi ini kami lebih memfokuskan untuk memberikan sosialisai kepada anak-anak yang dirasa lebih rentan terhadap virus dan berbagai penyakit,” tambah Jessy.

Mahasiswa KKN Kelompok 35 UMBY juga mengajarkan cara mencuci tangan dan memakai masker yang benar.

Sumber :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *