A. Sidiq Purnomo

Universitas Mercu Buana Yogyakarta

You are here: » Sistem Pakar Untuk Menentukan Poin Pelanggaran Dan Prestasi Menggunakan Inferensi Fuzzy (Tsukamoto)

Sistem Pakar Untuk Menentukan Poin Pelanggaran Dan Prestasi Menggunakan Inferensi Fuzzy (Tsukamoto)

Widatin Mayasari, Agus Sidiq Purnomo

Abstract

Salah satu permasalahan yang ditemui dalam bidang pendidikan adalah bimbingan konseling. Untuk melakukan bimbingan konseling diperlukan layanan ahli oleh konselor (guru bimbingan dan konseling). Bimbingan konseling pada siswa menggunakan jumlah poin pelanggaran siswa yang telah ditetapkan oleh pihak sekolah. Penentuan poin pelanggaran siswa memerlukan beberapa kategori meliputi pelanggaran siswa, prestasi siswa dan sanksi pelanggaran. Dalam penentuan poin pelanggaran siswa maka dilakukan penelitian dengan mengimplementasi metode fuzzy Tsukamoto untuk menentukan poin pelanggaran siswa dengan beberapa kategori yang dijadikan dasar penentuan. Berdasarkan hasil pengujian dengan sistem dan perhitungan manual guru bimbingan konseling memiliki hasil 73,17% sesuai.

Keyword : Sistem Pakar, Bimbingan Konseling, Fuzzy Tsukamoto

Full Text :

PDF

References

  • Arhami, M. (2005). Konsep Dasar Sistem Pakar. Yogyakarta: Andi.
  • Kusumadewi, S., & Purnomo, H. (2010). Aplikasi Logika Fuzzy Untuk Pendukung Keputusan. Yogyakarta: Graha Ilmu.
  • Priyolistiyanto, A., & Saefan, J. (2014). Aplikasi Sistem Informasi Bimbingan Dan Konseling Dengan Menggunakan Metode Forward Chaining. Prosiding Mathematics and Sciences Forum.
  • Setiawan, N. S., Jusak, & Lemantara, J. (2013). Sistem Pakar Mendiagnosis Kecerdasan Majemuk Menggunakan Metode Fuzzy Expert System. Sistem Informasi, 72-76. Dipetik 10 15, 2016, dari Sistem Pakar Untuk Mendiagnosis Kecerdasan Manjemuk Menggunakan Metode Fuzzy Expert System: http://jurnal.stikom.edu/index.php/jsika
  • Syah, M. M., & Gunawan, A. (2016). Sistem Pakar Bimbingan Konseling Siswa Dengan Metode Certainy Factor Berbasis Web Pada SMAN 1 Cikembar. SNIPTEK, ISBN : 978-602-72850-3-3.
  • Thamrin, F., Sediyono, E., & Suhartono. (2012). Studi Inferensi Fuzzy Tsukamoto Untuk Penentuan Faktor Pembebanan Trafo PLN. Sistem Informasi Bisnis.
  • Wana, & Winiarti, S. (2013). Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Sanksi Terhadap Siswa Yang Melanggar Peraturan Akademik Sekolah Metode Fuzzy Logic. Informatika.
Print Friendly, PDF & Email
Posted by 0 Responses
 

Free Email Newsletter

Stay Updates with this Blog. Get Free email newsletter updates..

And then confirm your email subcription

   

No Comment to “Sistem Pakar Untuk Menentukan Poin Pelanggaran Dan Prestasi Menggunakan Inferensi Fuzzy (Tsukamoto)”

  1. Comments are closed.
Aug
31
2017