A. Sidiq Purnomo

Universitas Mercu Buana Yogyakarta

You are here: » Rekomendasi Pemilihan Jurusan SMK Menggunakan Inferensi Fuzzy (Sugeno)

Rekomendasi Pemilihan Jurusan SMK Menggunakan Inferensi Fuzzy (Sugeno)

Dina Yulina Heriyani, Agus Sidiq Purnomo

Abstract

Dengan dimulainya implementasi kurikulum 2013 yang mengharuskan sekolah untuk membagi jurusan pada saat awal masuk SMA/SMK, dari pihak sekolah dirasa memberatkan karena tidak diperkenankan melakukan pemungutan biaya, sedang dari sisi calon siswa merasa kesulitan untuk memilih jurusan yang ada. Oleh karena itu dalam penelitian ini akan diimplementasikan peminatan jurusan menggunakan inferensi fuzzy sugeno.
Dalam penelitian ini terdapat beberapa varibel yang dijadikan sebagai ukuran, yaitu nilai matapelajaran Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, IPA (variabel input) dan Persentase jurusan (variabel output). Aturan untuk setiap jurusan SMK sebagai berikut (a) Administrasi sejumlah 9 aturan dengan 2 variabel, (b) Akuntansi sejumlah 9 aturan dengan 2 variabel, (c) Farmasi 18 aturan dengan 3 variabel, dan (d) RPL sejumlah 18 aturan dengan 3 variabel.
Berdasarkan hasil pengujian yang telah dilakukan, sistem dapat berfungsi dengan baik dan dapat direkomendasikan untuk membantu pihak sekolah maupun calon siswa yang akan mendaftar.

Keyword : Rekomendasi Jurusan SMK, Sistem Pendukung Keputusan, Fuzzy Inference, Sugeno

Full Text :

PDF

References

  • Kusrini. (2007). Konsep dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan. Yogyakarta: Andi.
    Kusumadewi, S., & Purnomo, H. (2010). Aplikasi Logika Fuzzy Untuk Pendukung Keputusan. Yogyakarta: Graha Ilmu.
  • Mufizar, T., Anwar, D. S., & Aprianis , E. (2015). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Jurusan Dengan Menggunakan Metode SAW (Simple Additive Weighting) Di SMA 6ISBN : 978-602-52470-4-0
    Prosiding Seminar Nasional Multimedia & Artificial Intelligence 2018 Yogyakarta, 6 Oktober 2018 Tasikmalaya. Jurnal VOI STMIK Tasikmalaya Vol.5, No.1, 1-13.
  • Nita. (2016, April 21). Penentuan Jurusan Sekolah Ditentukan Sejak Awal Masuk. Dipetik October 2018, 30, dari KR Sumsel: http://www.krsumsel.com/2016/04/penentuan-jurusan-sekolah-ditentukan.html
  • Priatni, C. N., & Purnomo, A. S. (2017). Sistem Untuk Menentukan Pilihan Pada Program Studi Menggunakan Fuzzy Multiple Attribute Decision Making (FMADM) Dengan Simple Additive Weighting (SAW) (Studi Kasus: POLTEKES Permata Indonesia Yogyakarta). Informatics Journal, Vol. 2, No. 1, ISSN : : 2503 – 250X, 54-63.
  • Rozi, A. F., & Purnomo, A. S. (2017). Rekomendasi Pemilihan Minat Studi Menggunakan Metode Mamdani Studi Kasus : Program Studi Sistem Informasi FTI UMBY. Informatics Journal, Vol. 2, No. 3, ISSN : 2503–250X, 138-147.
Print Friendly, PDF & Email
Posted by 0 Responses
 

Free Email Newsletter

Stay Updates with this Blog. Get Free email newsletter updates..

And then confirm your email subcription

   

No Comment to “Rekomendasi Pemilihan Jurusan SMK Menggunakan Inferensi Fuzzy (Sugeno)”

  1. Comments are closed.
Oct
6
2018