A. Sidiq Purnomo

Universitas Mercu Buana Yogyakarta

You are here: » Penyisipan Citra Pesan Ke Dalam Citra Berwarna Menggunakan Metode Least Significant Bit dan Redundant Pattern Encoding

Penyisipan Citra Pesan Ke Dalam Citra Berwarna Menggunakan Metode Least Significant Bit dan Redundant Pattern Encoding

Rahmandhita Fikri Sannawira, Agus Sidiq Purnomo

Abstract

Teknik steganografi memiliki peranan penting menyangkut hal yang berkaitan dengan pesan rahasia. Steganografi merupakan teknik penyisipan pesan yang telah digunakan oleh orang-orang jaman dulu untuk menjaga kerahasiaan pesan tersebut. Seiring dengan kemajuan teknologi, teknik ini dapat diaplikasikan menggunakan komputer. Sebagai contoh, pembuatan aplikasi steganografi yang dapat dilakukan menggunakan bahasa pemrograman yang berbeda-beda. Metode least significant bit merupakan cara penyisipan yang mengambil bit rendah dari data piksel yang menyusun sebuah file citra gambar. Penggunaan metode ini memungkinkan adanya perubahan atau penambahan sejumlah besar informasi tanpa adanya perubahan tampilan dari citra itu sendiri. Citra pesan disisipkan secara berulang yang ditempatkan pada piksel citra tujuan mulai dari piksel pertama sampai piksel yang terakhir. Secara garis besar, hasil yang didapat dari penelitian ini yaitu: Pertama, cara menyisipkan citra pesan secara berulang ke dalam citra berwarna yang menjadi citra tujuan penyisipan. Ke-dua, cara meng-ekstrak citra hasil penyisipan tersebut sehingga citra pesan yang telah disisipkan dapat diketahui maksudnya.

Keywords: Steganografi, citra, penyisipan pesan, least significant bit, redundant pattern encoding.

Full Text:

PDF

References

  • Sadikin, R., : Kriptografi Untuk Keamanan Jaringan, Yogyakarta, Penerbit ANDI (2012).Informatics Journal Vol. 1 No. 1 (2016)
  • Bandyopadhyay, K. :A Tutorial Review on Steganography. Diakses pada14 Maret 2014 dari https://scholar.google.co.in/citations?user=JarxFkAAAAJ&hl=en (2008).
  • Nugraha E.F.: Meningkatkan Kapasitas Pesan Yang Disisipkan denganMeotde Redundant Pattern Encoding. Diakses pada 24 Maret 2014 dari http://informatika.stei.itb.ac.id/~rinaldi.munir/Kriptografi/2010-2011/Makalah1/Makalah1-IF3058-Sem1-2010-2011-043.pdf(2011).
  • Johnson, N.F and Jadodia, S. : Exploring Steganography: Seeing TheUnseen. George Mason University. Diakses pada 14 Maret 2014 dari http://dl.acm.org/citation.cfm?id=1437872 (1998).
Print Friendly, PDF & Email
Posted by 0 Responses
 

Free Email Newsletter

Stay Updates with this Blog. Get Free email newsletter updates..

And then confirm your email subcription

   

No Comment to “Penyisipan Citra Pesan Ke Dalam Citra Berwarna Menggunakan Metode Least Significant Bit dan Redundant Pattern Encoding”

  1. Comments are closed.
Mar
31
2016