A. Sidiq Purnomo

Universitas Mercu Buana Yogyakarta

You are here: » Implementasi Algoritma Schnorr Untuk Tanda Tangan Digital

Implementasi Algoritma Schnorr Untuk Tanda Tangan Digital

Robi Adi Saputra, Agus Sidiq Purnomo

Abstract

Tanda tangan merupakan alat yang digunakan untuk melegalkan atau sebagai penanda bahwa suatu dokumen adalah asli dari pihak pertama (pembuat) atau bukan. Hal tersebut berlaku pada dokumen nyata dalam hal ini dokumen cetak atau tertulis. Selanjutnya bagaimana jika dokumen ataupun file tersebut bersifat digital. Pada saat ini media digital bukan hal awam lagi, hampir semua aktivitas bisnis maupun sehari-hari sudah menggunakan internet. Maka dari itu perlu adanya pengganti tanda tangan yang dibuat dalam bentuk digital untuk melegalkan dokumen digital. Dalam penelitian ini digunakan algoritma schnorr. Algoritma schnorr merupakan pengembangan dari algoritma El-gamal sehingga sistem keamanan dari El-gamal terdapat pada schnorr. Pembuatan tanda tangan dengan mengubah informasi yang terdapat pada file ke dalam bentuk ASCII kemudian diubah kebentuk message digest menggunakan fungsi hash. Dengan menggunakan algoritma schnorr sign dan private key dihasilkan tanda tangan dari file tersebut. Proses verifikasi tanda tangan menggunakan public key dan file signature menggunakan algoritma schnorr verify. Jika nilai verifikasi sama dengan proses sign maka data dapat dikatakan asli. Sebaliknya jika hasil dari proses verifikasi tidak sama dengan proses sign maka data tersebut sudah mengalami perubahan informasi atau kunci yang dimasukkan tidak sesuai. Tanda tangan digital yang dihasilkan dari setiap file berbeda-beda walaupun dengan kunci yang sama. Besar kecilnya bilangan dalam pembentukan kunci juga mempengaruhi hasil dari tanda tangan digital. Penambahan fungsi hash sangat membantu untuk menambah keamanan pada tanda tangan digital.

Keyword : Kriptografi, Tanda Tangan Digital, Algoritma Schnorr

Full Text :

PDF

References

  • Arius, D., 2008. Pengantar Ilmu Kriptografi. Yogyakarta: Andi.
  • Elshobaky, A., Rasslan, M. & Guirguis, S., 2015. Implementation of Schnorr Signcryption Algorithm on DSP. International Journal of Security and Its Applications, Volume Vol.9, No.11 , pp. 217-230.
  • Katz, J., 2010. Digital Signatures. London: Springer.
  • Lestriandoko, N. H. & Wirahman, T., 2008. Penggunaan Digital Signature Pada Metadata Untuk Pencarian Publikasi Ilmiah Berbasis Semantik. Yogyakarta, s.n.
  • Savu, L., 2012. Signcryption scheme based on schnorr digital signature. ARXIV, Issue eprint arXiv:1202.1663.
  • Schnorr, C. P., 1990. Efficient identification and signatures for smart cards, in G. Brassard, ed. Advances in Cryptology-Crypto ’89, PP. 239-252, Berlin Heidelberg: Springer-Verlag.
  • Sukarno, A. S., 2013. Pengembangan Aplikasi Pengamanan Digital Memanfaatkan Algoritma Advance Encryption Standard, RSA Digital Signature dan Invisible Watermaking. Yogyakarta, Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI), ISSN : 1907-5022, Universitas Islam Indonesia.
Print Friendly, PDF & Email
Posted by 0 Responses
 

Free Email Newsletter

Stay Updates with this Blog. Get Free email newsletter updates..

And then confirm your email subcription

   

No Comment to “Implementasi Algoritma Schnorr Untuk Tanda Tangan Digital”

  1. Comments are closed.
Feb
19
2018