A. Sidiq Purnomo

Universitas Mercu Buana Yogyakarta

You are here: » Memelihara SCOTTY (WINPATROL) Untuk Menjaga Komputer (Microsoft Windows)

Memelihara SCOTTY (WINPATROL) Untuk Menjaga Komputer (Microsoft Windows)

1. Pengantar

Beberapa hal yang mengakibatkan komputer rentan terjangkit virus/trojan/worm :

  1. Aplikasi/Software yang digunakan tidak up-to-date (Baik yang free atau yang berlisensi).
  2. Operating System Microsoft Windows juga tidak up-to-date.
  3. Anti virus yang juga tidak pernah di update.
  4. Firewall yang tidak diaktifkan.
  5. Dll.
Anti virus yang walaupun telah dinobatkan menjadi anti virus terbaik, Apabila dalam database-nya belum ada kata kunci untuk mengenali virus maka bisa jadi bukan memberikan rasa aman tetapi malah menghadiahkan ketidak nyamanan. Rasanya kok tidak aman jika hanya mengandalkan anti virus untuk mencegah terjangkitnya komputer dari virus/trojan.
Scotty (WinPatrol) merupakan aplikasi yang dapat digunakan untuk memantau apa saja yang jalan, dan memberikan pesan ketika suatu aplikasi yang kira-kira mencurigakan akan berjalan secara otomatis. Sehingga dapat digunakan untuk melengkapi dan meringankan kerja serta tanggung jawab anti virus yang telah ada.
Berdasarkan analisa di atas maka ada baiknya anda menggunakan bantuan dari Scotty (WinPatrol) untuk mejaga komputer anda.

2. Download

Ada dua versi dari Scooty (WinPatrol)
  1. Free
  2. Buy
Setidaknya sudah cukup bagus yang free.
WinPatrol

3. Why Scooty (WinPatrol) ?

  • Mencatat Administrasi Aplikasi Yang Terinstal
    Kelebihan fitur ini dibandingkan dengan Task Manager default Windows yaitu jika Task Manager default ask Manager’ hanya mencatatkan tanpa memberikan informasi kapan aplikasi tersebut terdeteksi pertama kali sedangkan Scootty dapat mencatat semua aplikasi terinstal termasuk program yang tidak dikenal sekalipun. Cara kerjanya hampir sama dengan cara kerja beberapa Malware. Scotty akan memberitahukan kepada anda jika ini terjadi.

  • Mengambilalih Kontrol ‘AutoRun’
    Fitur autorun merupakan fitur yang dapat menjalankan program secara otomatis. Fitur ini paling banyak digunakan virus untuk memasuki komputer anda. Setelah anda selesai melakukan installasi aplikasi baru (misalnya aplikasi AVG anti virus), kadang aplikasi tersebut akan menambahkan daftar baru di startup. Cara kerjanya hampir sama dengan cara kerja beberapa Malware. Karena cara kerjanya masih tergolong legal, seringkali anti virus menganggap tidak berbahaya. Sehingga jika terdapat virus yang tidak terdeteksi dapat memperbanyak diri. Dengan Scotty anda akan diberitahu jika terdapat aplikasi (dikenal atau tidak dikenal) akan menyertakan aplikasi tambahan ke dalam startup (autorun).

  • Mencegah Perubahan Tipe File Secara Ilegal
    Anda harus mewaspadai hal ini karena oleh virus juga melakukan hal ini dengan merubah tipe file seperi file berekstensi *.doc menjadi *.exe. Disamping Scotty akan mencegah dan memberikan kesempatan kepada anda untuk menonaktifkan, anda juga anda akan diberitahu oleh scotty. Anti virus juga memiliki fitur ini tetapi hanya sebatas yang terdaftar di database anti virus tersebut. Jika tidak terdapat di dalam daftar database pastinya malware juga akan lolos dari anti virus.

  • Menginformasikan Detail Daftar Startup
    Scotty akan menampilkan daftar aplikasi pada task manager yang dilengkapi dengan identifikasi jenis aplikasi. Sehingga anda akan diberitahukan apabila aplikasi tersebut ternyata adalah sejenis malware, backdoor, trojan, ataupun adware.

  • Menonaktifkan Multiple Task Secara Bersamaan
    Selain menampilkan aplikasi yang sedang aktif, Scotty juga dapat menonaktifkannya hanya dalam satu langkah. Tidak seperti task manager yang hanya dapat menonaktifkan satu persatu. Sampai detik ini hanya Scotty yang bisa menonaktifkan lebih dari satu aplikasi yang aktif di task manager. Fitur ini sangat bermanfaat sekali kerena aplikasi malware menjalan secara bersamaan lebih dari satu aplikasi yang terdeteksi pada task manager. Apabila anda hanya menonaktifkan satu aplikasi malware saja, maka aplikasi malware yang lain akan segera menduplikasikannya. Anda dapat dengan mudah untuk melakukan itu semua dan hanya dengan beberapa langkah seperti :
    1. Buka aplikasi Scotty kemudian pilih Tab Active Task.
    2. Selanjutnya pilih aplikasi-aplikasi aktif yang akan dinonaktifkan. dengan cara menahan tombol ‘Ctrl’ lalu klik aplikasi-aplikasi yang hendak dinonatifkan.

  • Menonatifkan Kerawanan Kendali ActiveX
    ActiveX merupakan teknologi yang dikeluarkan oleh Microsoft sebagai plug-in Windows yang memeberikan fasilitas kepada web developer untuk menghasilkan tampilan halaman yang interaktif atau menarik. Selain itu ActiveX juga mengijinkan pembuat bahasa pemrograman untuk mengakses dan memodifikasi komponen-komponen di Windows agar dapat menampilkan seperti gambar animasi flash atau tampilan dengan format Java. Virus dan saudaranya sering memanfaatkan celah keamanan ActiveX untuk menginfeksi sistem operasi secara keseluruhan. Scotty sudah dilengkapi dengan fitur Active Tasks sehingga Scotty akan memberitahukan kepada anda jika terdapat perubahan pada komponen-komponen ActiveX dan memperbolehkan Anda untuk menonaktifkan.

Good Luck ! <DnD>

Print Friendly, PDF & Email
Posted by 0 Responses
 

Free Email Newsletter

Stay Updates with this Blog. Get Free email newsletter updates..

And then confirm your email subcription

   

No Comment to “Memelihara SCOTTY (WINPATROL) Untuk Menjaga Komputer (Microsoft Windows)”

  1. No Comment yet. Be the first to comment...
Leave your comment here:

Secure * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.

May
31
2011
 


Popular Posts